Selain Fatigon, Ini Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain Fatigon, Ini Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

fatigon tingkatkan daya tahan tubuh

Agar tubuh dapat melawan berbagai macam jenis penyakit, Anda perlu meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu cara paling mudah dalam meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengkonsumsi suplemen seperti Fatigon. Selain Fatigon, beberapa perubahan gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi juga dapat menguatkan perlindungan alami tubuh dan membantu tubuh Anda dalam melawan patogen berbahaya dan organisme yang dapat menyebabkan penyakit. 

Cukup tidur

Selain mengkonsumsi Fatigon dan mengubah pola makan Anda, cara paling mudah untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mendapatkan cukup tidur. Tidur dan kekebalan tubuh memiliki hubungan yang sangat erat. Faktanya, kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk dihubungkan dengan peningkatan risiko bagi seseorag untuk menderita sakit. Dalam sebuah studi pada 164 orang dewasa yang sehat, mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya memiliki kemungkinan lebih tinggi menderita demam dibandingkan dengan mereka yang tidur 6 jam atau lebih setiap malamnya. 

Mendapatkan cukup istirahat dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh alami Anda. Selain itu, Anda akan lebih banyak tidur saat sakit agar sistem kekebalan tubuh dapat melawan penyakit dengan lebih baik. Orang dewasa perlu mendapatkan tidur sekitar 7 jam atau lebih  setiap malamnya, sementara remaja membutuhkan sekitar 8 hingga 10 jam, dan anak-anak sekitar 14 jam. Jika Anda sulit tidur, cobalah untuk membatasi waktu yang Anda habiskan di depan layar komputer 1 jam sebelum tidur, karena “blue light” yang dipancarkan oleh telepon genggam, layar TV, dan layar komputer dapat mengganggu ritme sirkadian, siklus bangun-tidur alami tubuh Anda. Tips tidur lainnya adalah tidur dalam ruangan yang benar-benar gelap atau menggunakan sleep mask, tidur di waktu yang sama setiap malamnya, dan melakukan olahraga dengan rutin. 

Makan lebih banyak buah dan sayur

Sumber makanan nabati seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan kaya kandungan nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu tubuh Anda dalam melawan patogen berbahaya. Antioksidan yang terkandung di dalam makanan jenis ini dapat membantu mengurangi peradangan dengan melawan senyawa berbahaya yang bernama radikal bebas, yang dapat menyebabkan peradangan ketika menumpuk di dalam tubuh dalam level yang tinggi. Peradangan kronis dihubungkan dengan berbagai macam kondisi kesehatan, seperti penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan kanker jenis tertentu. 

Di sisi lain, serat yang ada di dalam sumber makanan nabati dapat memberi makan microbiome, atau kelmpok bakteri menyehatkan di usus. Microbiome usus yang kuat dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu mencegah pathogen berbahaya masuk ke dalam tubuh lewat saluran pencernaan. Selain itu, buah dan sayur juga kaya kandungan vitamin C, yang mana dapat mengurangi durasi demam.

Lemak sehat, yang bisa Anda temukan di zaitun dan salmon, jug dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh terhadap pathogen dengan cara mengurangi peradangan. Meskipun peradangan kadar rendah merupakan respin normal terhadap stres atau cidera, peradangan kronis, dapat menekan sistem kekebalan tubuh Anda. Minyak zaitun, yang mana tinggi kandungan anti-peradangan, dihubungkan dengan menurunnya risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Anda bisa mengubah beberapa gaya hidup dan apa yang Anda konsumsi untuk memperkuat daya tahan tubuh. Batasi asupan gula, tetap terhidrasi, berolahraga dengan rutin, mendapatkan cukup tidur, mengatur level stres, dan konsumsi Fatigon merupakan cara mudah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/how-to-boost-immune-health#The-bottom-line
https://www.houstonmethodist.org/blog/articles/2020/mar/5-ways-to-boost-your-immune-system/

Leave a Reply